Piala AFF 2014 : Babak II: Filipina Unggul 2-0 atas Indonesia

Filipina untuk sementara memimpin 2-0 atas Indonesia di matchday II AFF Suzuki Cup Grup A. Gol kedua Filipina diciptakan oleh Manuel Ott lewat sepakan dari luar kotak penalti.

Satu menit pertandingan berjalan, Indonesia sudah mendapatkan peluang. Berawal dari sebuah tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Filipina, Indonesia menciptakan kemelut di depan gawang Filipina. Namun, tendangan Achmad Jufriyanto tepat di depan gawang Filipina masih bisa diblok.

Pada menit ke-10, Filipina mendapatkan peluang lewat tendangan Misagh Bahadoran dari luar kotak penalti. Namun, tendangan Bahadoran masih bisa ditepis oleh kiper Indonesia, Kurnia Meiga.

Filipina yang mendominasi penguasaan bola akhirnya unggul 1-0 pada menit ke-16. Gol tersebut tercipta lewat tendangan penalti Phil Younghusband.

Baca Juga  Barcelona Tekuk Ajax 0-2 Di Kandang Sendiri

Penalti bermula dari sebuah backpass yang kemudian direbut oleh Bahadoran. Pemain bernomor punggung 9 itu kemudian menerobos masuk ke dalam kotak penalti dan dilanggar oleh Firman Utina. Kartu kuning pun dikeluarkan untuk Firman. Younghusband yang maju menjadi eksekutor penalti tidak membuang percuma kesempatan tersebut.

Tidak lama setelah gol tersebut, Patric Reichelt mendapatkan ruang kosong di jantung pertahanan Indonesia. Reichelt kemudian melepaskan sepakan kaki kanan, tapi tendangannya masih melebar.

Di sisa babak pertama, para pemain depan Filipina berkali-kali mendapatkan ruang kosong di daerah pertahanan Indonesia. Berkali-kali juga mereka dengan leluasa melepaskan tembakan. Beruntung buat Indonesia, penyelesaian akhir para pemain Filipina buruk.

Baca Juga  Inilah Hasil Lengkap Liga Spanyol Malam Tadi

Menjelang babak pertama berakhir, Indonesia mendapatkan peluang lewat Sergio van Dijk. Namun, sundulan pemain bernomor punggung 20 ini masih bisa ditepis kiper Filipina, Patrick Deyto.

Di awal babak kedua, pelatih Alfred Riedl memutuskan untuk memainkan Boaz Solossa dan menarik M. Ridwan. Pada menit ke-48, Boaz melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya membentur pemain Filipina dan hanya menciptakan tendangan penjuru.

Tapi, banyaknya ruang di lini belakang Indonesia kembali dieksploitasi pemain-pemain Filipina. Pada menit ke-52, Manuel Ott berdiri dengan bebas di depan kotak penalti Indonesia. Setelah menerima operan dari sisi kiri, dia kemudian melepaskan sepakan terarah.

Baca Juga  Piala AFF 2014 : Rekor Pertemuan, Indonesia Ungguli Vietnam

Tendangan terarah itu kemudian membobol gawang Indonesia. Kurnia Meiga berusaha melompat ke sisi kanannya, namun gagal menghalau bola sepakan Ott tersebut. Filipina 2, Indonesia 0.

Susunan Pemain

Indonesia: Kurnia, M. Roby, Jufriyanto, Zulkifli, Rizki, Maitimo, Firman, Ridwan (Boaz 46), Zulham(gonzales 65), Samsul Arif, Van Dijk

Filipina: Deyto, Aguinaldo, Guirado (Gier 15), Rota, Sato, Lucena, Ott, Steuble, Bahadoran, P. Younghusband, Reichelt

sumber : detik

mas praset

Tertarik pada hal-hal unik dan lucu, termasuk membuat tulisan yang unik. Tidak menguasai banyak bahasa pemrograman, lebih senang pada desain dan analisa dan lebih bahagia bermain bersama anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *